Analisa STP Segmentasi, Targeting,Positioning

STP
Terdiri dari :

  • Segmentasi
  • Targeting
  • Positioning

Segmentasi pasar adalah segmentasi untuk memilah - milah pasar berdasarkan produk yang kita jual serta target pasar yang kita tuju untuk produk kita .

Ada beberapa Step untuk menganalisa berdasarkan STP ini, yakni :
  1. Segmentasi, segmentasi pasar kita .
  2. Targeting, target yang kita tuju .
  3. Positioning, posisi kita berada .
Sesuai dengan urutannya, jika kita salah atau tidak melakukan segmentasi maka kita tidak akan berhasil atau akan gagal dalam melakukan targeting dan seterusnya, oleh sebab itu kita harus mengikuti urutan serta melakukannya dengan benar agar bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan .

Segmentasi

Dalam bisnis penjualan sebuah produk, kita tahu bahwa tidak semua orang ingin atau butuh dan membeli produk milik kita . Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebutuhan, usia, harga, jenis kelamin maupun keinginan pelanggan oleh sebab itu kita perlu mempelajari segmentasi pasar kita agar bisnis kita bisa berjalan dengan lancar dan memiliki pasar yang jelas .

Segmentasi dibagi menjadi 4 macam, yakni :
  1. Geografis, pengelompokan berdasarkan area, lokasi, maupun cuaca .
  2. Demografis, pengelompokan berdasarkan usia, gender, ukuran keluarga .
  3. Psikografik, pengelompokan berdasarkan gaya hidup pelanggan seperti uang, status sosialnya, dll .
  4. Behaviour ( Perilaku ), berdasarkan perilaku pelanggan seperti pekerjaannya atau kegiatannya .

Targeting

Jika kita memiliki sebuah produk maupun jasa maka kita harus memikirkan target pasar kita mau dibawa kemana . Banyak orang yang masih bingung tentang hal ini untuk memilih apakah melakukan pembelian bahan baku produk atau melakukan pemikiran target pasar . Sebenarnya dapat dilakukan kedua-duanya atau salah satunya tetapi lebih baik jika kita mengawali bisnis kita dengan melakukan targeting terhdap pasar produk kita terlebih dahulu .

Kita harus memikirkan kepada siapa produk kita ini dijual, ini yang disebut dengan targeting terhadap pasar produk anda .
Sebagai contoh :
Kita menjual helm motor, kita harus memikirkan siapa yang akan menjadi target kita . Targetnya adalah orang yang memiliki motor , nilai plusnya lagi target kita adalah orang yang memiliki motor tetapi belum memiliki helm .

Positioning

Biasanya kita mengolongan sebuah produk berdasarkan kualitas dan harga, kualitas produk ada yang bagus dan ada yang jelek bergitu juga dengan harga ada yang mahal dan ada yang murah .

Seperti bila kita membeli produk yang murah biasanya kualitas dari produk tersebut jelek, tetapi bila kita membeli harga yang mahal maka produk tersebut memiliki kualitas yang bagus .
tetapi tidak jarang ada produk yang mahal tetapi memiliki kualitas yang jelek .

Dengan perbandingan tersebut kita bisa mengolongkan dimana posisi kita berada .

Contoh : kita memiliki produk dengan harga yang murah tetapi memiliki kualiats yang bagus , itu adalah poin plus anda .


Sekian Analisis STP, semoga bisa membantu anda semua dalam menjalankan bisnis .

Publish by Cahyo wicaksono

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Mohon jangan berkomentar SARA,SPAM,DLL yang tidak mendukung blog ini.