Setelah kita mempelajari mengenai STP, sekarang kita belajar marketing mix .
Marketing Mix diawali dengan 4P, yakni :
- Price
- Promotion
- Place
- Product
1. Price
Harga adalah hal terpenting dalam sebuah produk karena sangat berpengaruh dalam keputusan calon pembeli untuk membeli produk kita .
Ada beberapa strategi untuk menentukan sebuah harga atas produk, yaitu :
- Penetration Pricing, menggunakan harga yang lebih murah dibanding dengan harga pasar .
- Skimming Pricing, menggunakan harga yang tinggi saat launching namun perlahan - lahan menurunkan harga sesuai dengan pasar .
- Competition Pricing, menentukan harga dengan cara membandingkannya dengan pesaing .
- Product Line Pricing, menggunakan harga yang berbeda dengan jenis yang sama namun memiliki perbedaan .
- Bundle Pricing, membundle beberapa produk menjadi satu lalu memberikan harga yang ekonomis .
- Premium Pricing, menggunakan harga yang tinggi untuk membuat sebuah produk menjadi atau tetap ekslusif .
- Optional Pricing, penentuan harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan atau fitur yang diinginkan .
- Cost Plus Pricing, menentukan harga dengan cara menambah presentase biaya menjadi margin keuntungan .
Promosi adalah hal penting dalam mengenalkan produk kita kemassa, karena itu kita perlu mempelajari AIDA, yaitu :
- Attention ( Perhatian ) , didalam media promosi haruslah memiliki perhatian dari orang - orang , membuat mereka ingin melihat dan ingin datang .
- Interest ( Menarik ) , membuat media promosi yang menarik , membuat rasa keingintahuan calon pelanggan menjadi besar agar dia tertarik .
- Desire ( Hasrat ) , selain rasa ingin tahu kita harus membuat orang memiliki hasrat untuk membeli atau datang ke perusahaan kita .
- Action ( Tindakan ) , tindakan guna menunjukan dimana mereka bisa mendapatkan produk kita .
3. Place
Lokasi bukannya lokasi kita membuka usaha tetapi juga target pasar kita nantinya . lokais itu penting tetapi bukan yang utama .
Dalam hal ini kita perlu berfikir mengenai dimana kita akan memasarkan produk kita yang sesuai dengan target pasar kita . sebagai contoh :
Kita menjual mainan di halaman Sekolah Dasar .
Karena mayoritas anak sd suka membeli mainan jadi kita menjualnya disana .
Selain itu kita harus memikirkan bagaimana barang kita bisa sampai ke tangan pelanggan bila pelanggan tersebut tidak datang ke tempat kita, yaitu menggunakan jasa ekspedisi atau kita bisa kirim langsung ke tujuan .
4. Product
Ada 5 macam product, yakni :
- Core product
sebagai contoh core product dari mobil adalah transportasi - Basic product
sebagai contoh basic product dari mobil harus punya roda empat, alat kemudi dan rem - Expected product
sebagai contoh mobil yang diinginkan oleh pelanggan, seperti nyaman saat dipakai - Augmented product
sebagai contoh fitur mobil yang ditambahkan (inovasi), seperti sound di bagasi. Augmented dapat menjadi expected ketika kompetitor melakukan hal yang sama - Potential product
sebagai contoh produk baru atau inovasi untuk masa depan
Selain merk biasanya perusahaan juga mempunyai brand character ( maskot ) sebagai penunjang produk atau perusahaan tersebut .
Implementasi Marketing Mix
Ada 4 Fase Daur hidup sebuah produk, yakni :
- Fase perkenalan, pekenalan produk .
- Fase pertumbuhan, pertumbuhan suatu produk .
- Fase kematangan, stabil .
- Fase penurunan, mengalami kerugian solusi adalah membuat inovasi produk .
- Analisa - Strategi - Taktik
Saya ucapkan terima kasih yang sebanyak - banyak kepada universitas ciputra enterepreneurship atas ilmu yang telah diberikan dan semoga bermanfaat bagi semua pembaca .
Terima Kasih
Publish by Cahyo wicaksono
Currently have 0 komentar: