Cara menganalisa Peluang dan Ancaman perusahaan kita

Setelah kemarin kita telah membahasa mengenai 3C, sekarang kita akan membahas mengenai cara menganalisa peluang dan ancaman perusahaan kita . 

Menganalisa peluang dan ancaman adalah SWOT yang berarti sebagai berikut :
  • Strenghts, kekuatan suatu perusahaan
  • Weaknesses, kekurangan suatu perusahaan
  • Opportunities, peluang suatu perusahaan
  • Threats, ancaman suatu perusahaan
Analisa SWOT terbagi menjadi dua kondisi yakni internal dan external .

Kondisi Internal atau kondisi yang berasal dari dalam meliputi Strenght dan Weakness
Kondisi External atau kondisi yang berasal dari luar meliputi Opportunity dan Threat

Sesuai judul posting ini " Cara menganalisa Peluang dan Ancaman perusahaan kita ", kita akan membahas bagaimana caranya untuk menganalisa suatu peluang dan ancaman pada perusahaan yang kita miliki, Judul diatas masuk kedalam kondisi external yang nanti akan kita secara detil .

  • Kondisi Internal
Strenght ( Kekuatan ) adalah kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan kita, suatu perusahaan pastilah memiliki kelebihan - kelebihan akan sesuatu yang berhubungan dengan perusahaanya dan menjadikan kelebihan - kelebihan tersebut sebagai sebuah kekuatan bagi perusahaannya seperti pelayanan yang ramah, garansi uang kembali atau yang lainnya .

Weakness ( Kekurangan ) adalah kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan kita, disamping perusahaan memiliki suatu kelebihan maka pastilah memiliki suatu kekurangan dalam berbagi hal seperti lokasi, pelayanan, produk yang kurang berkualitas, atau yang lainnya .

Ada beberapa hal yang harus kita pahami untuk mengetahui kondisi Internal perusahaan, yakni :
  1. MarketShare, mengetahui jumlah pembelian pesaing perusahaan kita .
  2. Policy Pricing, menentukan margin harga atas produk perusahaan kita .
  3. Service ( pelayanan ), berhubungan dengan SDM yang kita pekerjakan dalam perusahaan kita .


  • Kondisi External
Opportunity ( Peluang ), sebuah peluang untuk mendapatkan suatu keuntungan pada perusahaan .
Threat ( Ancaman ), sebuah ancaman yang datang dari pesaing maupun perusahaan kita sendiri .

Sesuai dengan yang saya katakan tadi mengenai cara menganalisis peluang dan ancaman, kita menggunakan sebuah teknik menganalisa yang disebut PESTEL analysis .
  1. Political ( Politik ), dalam politik sudah ada aturan aturan yang telah diatur .
  2. Environment ( Lingkungan ), ini menjadi pengaruh perusahaan secara destinasi yaitu lokasi dimana letak perusahaan kita ataupun kondisi pada lingkungan sekitarnya .
  3. Social ( Sosial ), ini menjadi tanbahan akan perusahaan kita dalam hal interaksi maupun gaya hidup .
  4. Technological ( Teknologi ), perusahaan haruslah mengikuti perkembangan jaman yang ada dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, selalu update mengenai informasi dan teknologi .
  5. Economic ( Ekonomi ), didalam sebuah perdangan terdapat sebuah aturan mengenai segi ekonomi ini, ini harus kita pahami benar .
  6. Legal ( Hukum ), sebuah perusahaan haruslah mengikuti aturan dan tidak melanggar hukum atau legalitas .
Semua bisa saja berdampak positif maupun negatif terhadap perusahaan kita, itu tergantung dari analisa yang kita lakukan terhadap perusahaan kita dengan teknik PESTEL analys dan jika postif artinya sebuah peluang untuk perusahaan anda tetapi bila negatif maka akan menjadi sebuah ancaman terhadap perusahaan anda .

Analisis SWOT berdasarkan kondisi perusahaan dan strateginya .

  1. Kekuatan tinggi + Peluang tinggi
    -> Strategi SO ( Strenghts + Opportunity )
    Menggunakan kekuatan untuk bisa memanfaatkan peluang - peluang yang ada .
  2. Kekurangan tinggi + Peluang tinggi
    ->Strategi WO ( Weakness + Opportunity )
    Meminalkan kelemahan - kelemahan yang ada, tetapi bisa memanfaatkan peluang
  3. Kekuatan tinggi + Ancaman tinggi
    -> Strategi ST ( Strengths + Threats )
    Strategi yang menggunakan kekuatan untuk menghadapi ancaman yang ada .
  4. Kekurangan tinggi + Ancaman tinggi
    -> Strategi WT ( Weakness + Threat )
    Strategi memininalkan kekurangan yang ada dan segera melakukan peningkatan menjadi lebih baik serta harus pandai untuk menghindari ancaman yang ada .
Jika ancaman terhadap perusahaan kita besar dan kita merasa tidak sanggup menghadapinya, ada baiknya kita untuk menghindari bukan menghadapinya .

Ada juga Strategi yang digunakan untuk bertahan yaitu Defence dan biasanya dilakukan oleh perusahaan yang kuat dan memiliki peluang yang besar .


Sekian mengenai " Cara menganalisa Peluang dan Ancaman perusahaan kita " .

Semoga bermanfaat bagi kita semua .

Terima Kasih


Publish by Cahyo wicaksono

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Mohon jangan berkomentar SARA,SPAM,DLL yang tidak mendukung blog ini.