Dalam berbisnis kita tidak bisa menghindari apa yang namanya " Persaingan ", Apa itu persaingan ?
Definisi "Persaingan" itu sendiri adalah usaha
memperlihatkan keunggulan masing-masing yg dilakukan oleh perseorangan
(perusahaan, negara) pd bidang perdagangan, produksi, persenjataan, dsb . (sumber: kbbi3)Yang akan kita bahas disini adalah mengenai " Poin Penting dalam bernisnis " khususnya dalam hal persaingan dalam pemasaran berbisnis, menggunakan dan mengaplikasikan ( 3C ) dalam bisnis kita .
Apa itu 3C ?
- Customer Needs
- Company Analysis
- Competitor Analysis
Saya yakin jika kita benar-benar memahami dan menerapkannya serta mengembangkannya maka tidak mustahil bila bisnis kita akan mengalami perkembangan yang siknifikan .
Dalam postingan saya kali ini, saya akan membahas mengenai minggu pertama saya di Universitas Ciputra Entrepreneurship Online mengenai 3C yaitu Customer Needs, Company Analysis, dan Competitor Analysis .
Berikut saya telah rangkum apa yang telah saya pelajari disana serta sedikit tambahan dari saya .
Diawal postingan tadi kita sudah tahu poin penting dalam berbisnis yaitu 3C, sekarang kita akan menjabarkan mengenai 3C tersebut .
C Pertama adalah Customer Needs,
Apa yang dibutuhkan pelanggan, itu adalah C pertama . Yang dimaksudkan disini adalah pelanggan adalah faktor penting dalam melakukan bisnis karena tidak ada pelanggan artinya tidak ada bisnis didalamnya .
Oleh karena itu untuk menarik atau mencari pelanggan ada beberapa hal yang harus kita pahami, yakni :
- Mengidentifikasi pasar, kita harus mengetahui pasar atau sasaran kita dalam berbisnis .
- Memahami kebutuhan pelanggan, kita haruslah tahu apa yang pelanggan kita butuhkan .
- Menyampaikan apa yang ingin disampaikan, janganlah memberikan informasi yang hoax atau palsu kepada pelanggan karena itu akan menimbulkan rasa kecewa nantinya serta berikanlah informasi mengenai keuntungan - keuntungan dan manfaat - manfaat pada produk atau jasa yang anda jual .
- Menyampaikan benefit - benefit, sampaikanlah benefit - benefit yang akan didapatkan oleh pelanggan kita, ada beberapa benefit yang harus kita sampaikan kepada pelanggan, yakni :
- Benefit dalam segi finansial ( Financial Benefit )
- Benefit dalam segi fisik ( Phisical Benefit )
- Benefit dalam segi emosional ( Emotional Benefit )
- Benefit dalam segi spiritual ( Spiritual Benefit )
Menganalisa Perusahaan, menganalisa perusahaan itu lebih ke masalah menejemen pengelolahan .
Terdapat dua Aktifitas yang penting dalam menejemen pengelolahan perusahaan, yakni :-
Aktifitas Utama
- Logistik kedalam, pembelian bahan baku produk kita .
- Operasi, operasional usaha dalam segi finansial .
- Logistik keluar, bagaimana kita akan mendistribusikan produk kita .
- Marketing dan Penjualan, manajemen permasaran kita
- Pelayanan
-
Aktifitas pendukung
- Infrastruktur, peralatan dalam bisnis kita .
- Manusia, sumber daya harulah kompeten, memiliki dedikasi dan optimis .
- Pengembangn teknologi, memanfaatkan teknologi yang efektif dan efisien .
- Procurement, pengadaan atau kemampuan dalam pembelian produk .
C Ketiga adalah Competitor Analysis
Sebagai seorang pembisnis kita selalu dihadapkan terhadap perusahaan lain yang sebidang dengan bisnis kita, itulah yang biasa kita sebut dengan saingan dalam berbisnis . Bagaimana cara kita agar unggul dalam bersaing ? Kita memiliki sebuah Advantage dalam bersaing dengan perusahaan lain .
Dikutip dalam buku ( Five Forces of Porter ) oleh Porter, yakni :
- Ancaman pendatang baru .
- Kemampuan tawar supplier .
- Posisi tawar terhadap pembeli
- Pesaing indutri lama .
- Apakah produk kita ini suatu saat akan ada penggantinya ? .
Beberapa hal yang akan membuat daya saing kita lebih unggul, yakni :
- Berbeda, yaitu membuat sebuah keunikan tersendiri pada produk atau bisnis kita .
- Keunggulan, yaitu kreatifitas dan inovasi kita dalam mewujudkan bisnis kita .
- Lokasi, yaitu tempat dimana kita melakukan bisnis yang strategi dan sesuai bisnis kita .
- Strategi pasar, yaitu kita harus pahami dan memiliki strategi pasar yang sesuai .
- Pemimpin pasar, mereka yang menguasai pasar besar .
- Penantang, mereka yang berusaha untuk menjadi yang nomor satu .
- Pengikut, mereka yang hanya ikut-ikutan .
- Perusahaan yang bermain dipasar ceruk atau niche market atau pasar-pasar yang sangat kecil .
Sekian rangkuman dan tambahan dari saya mengenai 3C yang saya dapatkan di Universitas Ciputra Entrepreneurship Online, Semoga bisa berguna dan membantu anda dalam melakukan bisnis .
Ingatlah kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan, tetaplah berusaha . Salam Entrepreneur
Publish by Cahyo wicaksono
Currently have 0 komentar: