Poin Penting dalam berbisnis ( 3C )

Dalam berbisnis kita tidak bisa menghindari apa yang namanya " Persaingan ", Apa itu persaingan ?
Definisi "Persaingan" itu sendiri adalah usaha memperlihatkan keunggulan masing-masing yg dilakukan oleh perseorangan (perusahaan, negara) pd bidang perdagangan, produksi, persenjataan, dsb . (sumber: kbbi3)

Yang akan kita bahas disini adalah mengenai " Poin Penting dalam bernisnis " khususnya dalam hal persaingan dalam pemasaran berbisnis, menggunakan dan mengaplikasikan ( 3C ) dalam bisnis kita .

Apa itu 3C ?
  1. Customer Needs
  2. Company Analysis
  3. Competitor Analysis
 3C adalah poin penting yang harus diterapkan, untuk meningkatkan pemaran produk maupun persaingan dalam hal tersebut, lalu apakah 3C bisa menjamin perkembangan bisnis kita ?
Saya yakin jika kita benar-benar memahami dan menerapkannya serta mengembangkannya maka tidak mustahil bila bisnis kita akan mengalami perkembangan yang siknifikan .

Dalam postingan saya kali ini, saya akan membahas mengenai minggu pertama saya di Universitas Ciputra Entrepreneurship Online mengenai 3C yaitu Customer Needs, Company Analysis, dan Competitor Analysis .

Berikut saya telah rangkum apa yang telah saya pelajari disana serta sedikit tambahan dari saya .

Diawal postingan tadi kita sudah tahu poin penting dalam berbisnis yaitu 3C, sekarang kita akan menjabarkan mengenai 3C tersebut .

C Pertama adalah Customer Needs,

Apa yang dibutuhkan pelanggan, itu adalah C pertama . Yang dimaksudkan disini adalah pelanggan adalah faktor penting dalam melakukan bisnis karena tidak ada pelanggan artinya tidak ada bisnis didalamnya .
Oleh karena itu untuk menarik atau mencari pelanggan ada beberapa hal yang harus kita pahami, yakni :
  1. Mengidentifikasi pasar, kita harus mengetahui pasar atau sasaran kita dalam berbisnis .
  2. Memahami kebutuhan pelanggan, kita haruslah tahu apa yang pelanggan kita butuhkan .
  3. Menyampaikan apa yang ingin disampaikan, janganlah memberikan informasi yang hoax atau palsu kepada pelanggan karena itu akan menimbulkan rasa kecewa nantinya serta berikanlah informasi mengenai keuntungan - keuntungan dan manfaat - manfaat pada produk atau jasa yang anda jual .
  4. Menyampaikan benefit - benefit, sampaikanlah benefit - benefit yang akan didapatkan oleh pelanggan kita, ada beberapa benefit yang harus kita sampaikan kepada pelanggan, yakni :
    • Benefit dalam segi finansial ( Financial Benefit )
    • Benefit dalam segi fisik ( Phisical Benefit )
    • Benefit dalam segi emosional ( Emotional Benefit )
    • Benefit dalam segi spiritual ( Spiritual Benefit )
C Kedua adalah Company Analysis

Menganalisa Perusahaan, menganalisa perusahaan itu lebih ke masalah menejemen pengelolahan .
Terdapat dua Aktifitas yang penting dalam menejemen pengelolahan perusahaan, yakni :
    Aktifitas Utama
    • Logistik kedalam, pembelian bahan baku produk kita .
    • Operasi, operasional usaha dalam segi finansial .
    • Logistik keluar, bagaimana kita akan mendistribusikan produk kita .
    • Marketing dan Penjualan, manajemen permasaran kita
    • Pelayanan
    Aktifitas pendukung
    • Infrastruktur, peralatan dalam bisnis kita .
    • Manusia, sumber daya harulah kompeten, memiliki dedikasi dan optimis .
    • Pengembangn teknologi, memanfaatkan teknologi yang efektif dan efisien .
    • Procurement, pengadaan atau kemampuan dalam pembelian produk .

C Ketiga adalah Competitor Analysis

Sebagai seorang pembisnis kita selalu dihadapkan terhadap perusahaan lain yang sebidang dengan bisnis kita, itulah yang biasa kita sebut dengan saingan dalam berbisnis . Bagaimana cara kita agar unggul dalam bersaing ? Kita memiliki sebuah Advantage dalam bersaing dengan perusahaan lain .

Dikutip dalam buku ( Five Forces of Porter ) oleh Porter, yakni :

  1. Ancaman pendatang baru .
  2. Kemampuan tawar supplier .
  3. Posisi tawar terhadap pembeli
  4. Pesaing indutri lama .
  5. Apakah produk kita ini suatu saat akan ada penggantinya ? .

Beberapa hal yang akan membuat daya saing kita lebih unggul, yakni :
  • Berbeda, yaitu membuat sebuah keunikan tersendiri pada produk atau bisnis kita .
  • Keunggulan, yaitu kreatifitas dan inovasi kita dalam mewujudkan bisnis kita .
  • Lokasi, yaitu tempat dimana kita melakukan bisnis yang strategi dan sesuai bisnis kita .
  • Strategi pasar, yaitu kita harus pahami dan memiliki strategi pasar yang sesuai .
Jenis - jenis Perusahaan ada 4 Macam, Yakni :
  1. Pemimpin pasar, mereka yang menguasai pasar besar .
  2. Penantang, mereka yang berusaha untuk menjadi yang nomor satu .
  3. Pengikut, mereka yang hanya ikut-ikutan .
  4. Perusahaan yang bermain dipasar ceruk atau niche market atau pasar-pasar yang sangat kecil .

Sekian rangkuman dan tambahan dari saya mengenai 3C yang saya dapatkan di  Universitas Ciputra Entrepreneurship Online, Semoga bisa berguna dan membantu anda dalam melakukan bisnis .

Ingatlah kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan, tetaplah berusaha . Salam Entrepreneur


Publish by Cahyo wicaksono

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Mohon jangan berkomentar SARA,SPAM,DLL yang tidak mendukung blog ini.