Cara membuat program aplikasi portable terbaru



Di posting ini saya akan Share tentang cara membuat program portable dengan berbagai cara .

Saya dapat Tutorial cara membuat program aplikasi portable ini dari berbagai sumber dan akan saya cantumkan diakhir posting ini, Semoga kalian semua paham dan mengerti Tutorial step by step .


Pertama membuat aplikasi portable menggunakan VMware ThinAPP

 Siapkan installer software yang akan di buat untuk contoh menjadi portabel (menggunakan installer WinAmp 5.6).

Langkah 1 :
Pada awal program, anda berada di Setup Capture – Prescan System, tekan Scan. Jika anda mau memilih drive yang akan di-scan pilih Advanced Scan Locations. Kemudian klik Scan. Software ini akan “mengingat” semua file di drive yang anda pilih dan key pada regedit (jika muncul pesan “Warnings”, abaikan saja).




Langkah 2 :
Setelah masuk Setup Capture – Install Application, jangan menggunakan aplikasi ataupun melakukan hal-hal lain (semisal memainkan Mp3, nonton film, dll). Yang harus anda lakukan saat ini adalah meng-eksekusi installer software yang akan dibuat portabel. Jalankan peng-instalan sampai benar-benar selesai. Klik Postscan, akan muncul konfirmasi apakah proses instalasi sudah benar-benar selesai,OK

Langkah 3 :
Pada saat ini anda berada di Setup Capture – Postscan In Progress (jika muncul pesan “Warnings”, abaikan saja), software otomatis akan mencari perbedaan key dan file dari hasil pada langkah 1 untuk dikumpulkan menjadi 1 “package”. (itulah alasan mengapa anda tidak boleh melakukan hal apapun pada langkah 2)

Langkah 4 :
Di Setup Capture – Select Application Access Shortcuts ini, tentukan file exe mana saja yang akan dijadikan portabel. Jika 3 file exe anda centang, maka akan menghasilkan 3 software portabel untuk masing-masing exe-nya.
Pada inventory name, gunakan nama biasa (default: nama software tersebut). Klik Next, Next lagi (user profile), Next lagi (full write)






Langkah 5 :
Di Setup Capture – Specify Application Delivery Settings, centang Build MSI Package bila anda menginginkan file portabel menjadi .msi dan jangan lupa untuk men-centang Compress virtual package agar ukuran file kita tidak terlalu besar. Hilangkan centang Skip Build Process.
Tekan Save, Next dan terakhir Finish.

Setelah anda menekan tombol Finish, secara otomatis anda akan masuk di suatu folder, cari file dengan nama build.bat kemudian eksekusi untuk membuat “package” dari aplikasi tadi. Setelah selesai, akan muncul folder dengan nama bin.



Didalam folder bin tersebut terdapat aplikasi portable yang tela kita buat tadi (winamp) .



Kedua cara membuat aplikasi portable menggunakan Universal Extractor & WinRAR


1. Unduh dan instal Universal Extractor dan WinRAR ke PC. Buka Windows Explorer. Siapkan installer program yang hendak dijadikan aplikasi portabel.
2. Simpan dalam folder tersendiri supaya mudah. Sebagai contoh, PCplus menggunakan installer file Mozilla Firefox. Klik-kanan file installer tersebut, lalu pilih [UniExtract to Subdir].
3. Tunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi, yang ditunjukkan dengan munculnya boks Command Prompt.
4. Jika sebelumnya muncul boks konfirmasi berisi pilihan mode ekstraksi, pilih opsi paling atas, lalu klik [OK]. Hasil setelah proses ekstraksi adalah sebuah folder dengan nama yang sama dengan file installer.
5. Buka folder hasil ekstraksi dengan mengklik-dobelnya. Jika banyak berisi pilihan folder, carilah folder yang berisi file aplikasi berekstensi EXE.
6. Pada Mozilla Firefox, file aplikasi tersebut bernama “firefox.exe” dan berada pada folder “nonlocalized”. Seleksi semua isi folder tersebut dengan menekan [Ctrl] + [A], lalu klik-kanan mouse dan pilih [Add to archive…] untuk mengompresi data via WinRAR.
7. Pada boks WinRAR yang tampil, isikan nama file aplikasi portabel pada “Archive name”. Klik [Create SFX archive]. Pada menu “Compression method”, pilih [Best]. Selanjutnya, klik [Advanced] dilanjutkan dengan mengklik tombol [SFX Options…].
8. Pada tab “General”, isikan boks isian “Run after extraction” dengan nama file aplikasi berekstensi EXE yang Anda temukan di Langkah 3. Untuk Firefox di sini, PCplus mengisinya dengan firefox.exe.
9. Klik tab [Modes], lalu pilih [Unpack to temporary folder]. Klik [Hide all] pada “Silent mode”, dan [Overwrite all files] pada “Overwrite mode”. Klik [OK], dan klik [OK] lagi pada boks dialog Archive name and parameter. Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai.
10. Kini di folder yang kamu kelola akan muncul file baru berekstensi EXE dengan nama yang sesuai dengan yang telah dimasukkan pada Langkah 4.
11. Nah, aplikasi kamu kini telah menjadi portabel. Tinggal memasukkan file EXE tersebut ke dalam flash drive dan menjalankannya langsung di komputer mana saja, dengan mengklik-dobel file aplikasi portabel tersebut.


NB : Untuk tool bisa didownload lewat google

Sumber :
http://tarminag.wordpress.com
http://totto-apa-adanya.blogspot.com

Terima kasih :D
*JUST SHARE*

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Mohon jangan berkomentar SARA,SPAM,DLL yang tidak mendukung blog ini.